Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis

Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis - Hallo sahabat Kang Japra, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Handphone, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis
link : Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis

Baca juga


Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis

Tentu judul diatas bukan hanya untuk pemula saja sebenarnya saat mengalami smartphone Android tidak bersuara meski volume sudah dibesarkan. Dimana kalau speaker Rusak tentu harus dilakukan perbaikan di tempat servis bila belum berpengalaman. Nah, belum tentu juga suara hilang di HP android itu tanda kerusakan, mungkin ada penyebab lainnya. Oleh sebeb itu mari simak ulasannya berikut ini.

speaker tidak bersuara di hp android

Tentu sangat menjengkelkan saat ingin play musik suara tidak terdengar, mau nonton video youtube suaranya juga hilang, bahkan untuk yang hobi main game kalau bunyi dari speaker tidak muncul di HP pastinya tidak asik, terasa ada yang kurang kan?.

Memperbaiki masalah speaker Android yang tidak berbunyi tidak harus ke tempat servis, tentunya kalau permasalahan masih bisa diatasi, bukan kerusakan di bagian komponen yang sulit bagi yang belum berpengalaman servis HP. Bisa jadi tidak munculnya suara disebabkan sistem yang crash, pengaturan volume dalam kondisi diam atau silent dan bahkan setting aplikasi yang salah juga dapat menimbulkan problem.

Keputusan memperbaiki sendiri suara yang tidak keluar di Buzzer / speaker HP Android harus dirunut menurut penyebab utamanya, apakah smartphone trouble setelah terkena air, HP baru saja terjatuh lalu suaranya hilang, atau saat menjalankan aplikasi tertentu semisal main game tidak keluar bunyinya, dan lain sebagainya.
Baca Juga tips berikut:

Nah, untuk mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki smartphone yang speakernya tidak bunyi, siahkan simak tipsnya berikut ini.

1. Yang pertama pastikan dulu setelan volume tidak pada profil diam, Coba geser slider di settingan suara dalam posisi maksimal. Kemudian coba buka aplikasi semisal player musik dan mainkan.

Bila tidak ada suara, coba lagi aplikasi lain, semisal membuka youtube, mainkan film dan coba dengarkan apakah ada suara meskipun lirih. Bila tidak ada tanda-tanda bunyi, lanjutkan ke solusi ke dua berikut.

2. Opsi kedua setelah mengubah settingan suara tidak terdengar apapun meski lirih, coba restart dahulu ponsel. Matikan dan hidupkan ulang sistem. Tunggu sampai benar-benar menyala sempurna, jangan keburu membuka aplikasi karena sistem masih sibuk menyiapkan aplikasi.

Setelah siap, coba mainkan file musik dari player bawaan HP atau bisa langsung memutar video, terserah anda.

Bila suara terdengar, berarti sistem yang tadinya belum di restart mengalami crash. Dan bilamana masih juga tidak keluar suara dari speaker, lanjut ke tips nomor tiga.

3. Siapkan headset, kemudian colokkan dan dengarkan lagu, apakah terdengar suaranya atau tidak. Bila terdengar, coba lepaskan lagi konektor headset, colokkan lagi dan lepaskan lagi.

Bila speaker sudah ada bunyinya saat kita melepas headset, maka kemungkinan ada konektor yang tersangkut, sehingga meski jack headset tidak dicolokkan tetap tidak terdengar di speaker.

4. Bila ketiga cara diatas juga tidak berpengaruh juga, coba ingat-ingat apakah problem suara speaker HP tidak muncul setelah melakukan root HP atau baru saja mengganti Stock ROM?

Bila iya, maka problem ada disitu. Coba Unroot kembali ponsel android, dan bila perlu flash ulang firmware sistem karena biasanya proses unistall aplikasi root masih menyisakan file yang membuat crash sistem.

5. Anda juga bisa mencoba terlebih dahulu mereset ulang ponsel. Lakukan Wipe data dan factory reset agar sistem kembali ke keadaan default bawaan pabrikan.

Banyak kasus speaker HP Android tidak bunyi bisa diatasi dengan reset ulang, jadi apa salahnya mencoba. Namun resikonya tentu data aplikasi, setelan sistem dan data lain di ponsel akan hilang, Namun anda bisa backup terlebih dahulu file penting ke media lain semisal memori card.

6. Bila semua cara sudah dilakukan dan tidak ada hasil, ponsel tepat tidak muncul suaranya. Ada kemungkinan speaker dan perangkat yang terkait rusak ataupun ada jalur di hardware terputus.

Speaker HP rusak karena putus lilitan kabel emailnya biasanya disebabkan karena ponsel terjatuh atau terbentur terlalu keras. Begitu juga kerusakan komponen juga sering disebabkan panas yang terlalu tinggi karena penggunaan, HP Kemasukan air dan terjadi konslet di kaki-kaki komponennya.

Bagi yang bisa bongkar HP sendiri, tentu bukan masalah dan bisa melakukan pengetesan jalur hardware yang bermasalah. Namun bagi yang masih pemula dan awam tenntang elektronika, sebaiknya bawa ke service center terdekat.


Demikianlah Artikel Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis

Sekianlah artikel Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Mudah Mengatasi Speaker HP Android Suara Hilang Tanpa Servis dengan alamat link http://kangjaprablog.blogspot.com/2019/02/tips-mudah-mengatasi-speaker-hp-android.html
Load disqus comments

0 comments