Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca

Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca - Hallo sahabat Kang Japra, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel blog, Artikel Seo Tips-Trick, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca
link : Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca

Baca juga


Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca

Atmosfer kompetisi dimensi cyber masa kini selalu terhubung dan sulit dipisahkan dari istilah yang disebut Seo, sebab pengaruhnya boleh dibilang krusial terhadap kelangsungan hidup sebuah blog.
Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca.png
Paling tidak, pendekatan mendasar terkait pemahaman tentang seo blog sangatlah perlu dilakukan secara kontinu seiring makin ketatnya perlombaan demi mengincar posisi terdepan dan teratas pada mesin telusur.

Terlebih untuk blog komersial yang memang memerlukan pelawat sebagai upaya potensial yang memungkinkan dalam memenuhi target profit yang jauh lebih besar. Mungkin ada yang bilang tidak penting, blognya bisa sukses tanpa seo sedikitpun.

Setiap orang bebas beropini sementara yang lainnya bebas memilih apa yang dianggapnya sebagai opsi terbaik yang bisa diterima akal sehat. Jadilah pribadi cerdas dan bijak yang tetap rendah hati.

Selagi mesin pencari masih ada, yang namanya Search Engine Optimization tetap akan ada. Menerimanya ataupun tidak, penting atau tidak it's up to you.

Lalu apa saja hal mendasar yang perlu dilakukan untuk mulai membangun seo blog? Yuk simak 12 tips seo blog dasar berikut ini:

1. Membuat contents bernilai guna namun orisinilnya tetap

Contents bernilai guna itu memberi nilai tambah serta mungkin saja menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami pelawat, dengan tetap menjaga keorisinilannya. Semakin membantu contents yang ditulis, maka kian berpotensi untuk dibagikan ke sosial media oleh pengguna. Semakin banyak dishare juga berimbas pada rancaknya seo blog.

Jangan mudah terkecoh terhadap opini yang berasumsi dan memandang duplikasi atau replika tulisan hanya sebuah mite dan tidak akan memberi impak atau konsekuensi apapun.

Tetap garis bawahi ini, "Contents layaknya mahkota atau tiara sebuah blog." Jika tidak, maka berlapang dada dan terimalah kalau terhempasnya tulisan dari telusuran mesin pencari adalah sebuah takdir.

Sebagai tambahan, pedoman penulisan artikel berikut mungkin bisa membantu:
  • Usahakan pembahasannya komplit
  • Tampilan teks tidak menyesakkan mata
  • Left align text style atau rata kiri
  • Gunakan white space sebagai pembatas 
  • Gunakan bullets and numbers
  • Gunakan highlight text
  • Tambahkan kutipan jika perlu
Pembahasannya komplit dalam artian semendetail mungkin dan sejelas-jelasnya sehingga pembaca merasa terpuaskan. Gunakan media seperti gambar atau podcast atau video untuk memperjelas isi artikel atau tutorial.

Tampilan textnya, jumlah kata per paragraf tidak terlalu panjang. Maksimal kata per paragraf yang enak dibaca itu berkisar 32 sampai 45 kata saja atau setidaknya kurang dari 6 kalimat. Lebih dari itu sebenarnya tidak mengapa, tapi lebih ringkas dan jelas makin baik.

Kenapa begitu? Karena ketika users mengakses laman web menggunakan gadget mini yang ukuran monitornya tidak seperti laptop ataupun komputer, tampilan textnya tidak menyesakkan mata dan membuat mereka enggan membaca isi keseluruhan artikel.

Kemudian, karena format tulisan artikel blog sifatnya tidak formal, makanya sangat jarang blogger menggunakan format teks rata kiri dan kanan apalagi ada garis barunya. Kebanyakan dari mereka memakai format left align text. Alasannya sederhana saja yaitu lebih enak, nyaman dipandang mata dan screenable.

White space atau zona putih digunakan sebagai pembatas untuk memisahkan paragraf yang satu dengan yang lainnya, ini agar users tidak penat melihat dan membaca artikel yang kalian buat.

Menggunakan bullets and numbers juga perlu karena users juga cenderung membaca bagian atau point-point tertentu dalam artikel yang dirasanya penting (skimming). Ya, sebagian besar dari mereka melakukannya, mungkin untuk menghemat waktu dan juga kuota internet.

Selain bullets and numbers, highlight text juga akan menarik perhatian pembaca sebab selain tampilannya yang berbeda, text yang dihighlight biasanya berisi pernyataan atau point penting, sayang kalau sampai tidak dibaca.

Selanjutnya, menambahkan beberapa kutipan berupa pernyataan dari pesohor atau tokoh yang berpengaruh dibidang tertentu akan memberi kesan ilmiah dalam membangun tingkat kepercayaan pembaca terhadap apa yang ditulis dalam artikel.

2. Kreasikan sendiri gambarnya postingan

Membuatnya secara mandiri akan menambah bobot keunikan kreasi tulis. Menyisipkan gambar yang sesuai ke dalam tulisan juga menjadikannya semakin atraktif dan lebih bersahabat dengan pembaca juga Google.

Untuk menambah efektifitas peranan gambar dalam kreasi tulis, judul text gambar dan alternatif textnya diisi manual saja. Caranya:
  • Klik gambar pada postingan sebelum dipublish
  • Lalu pilih properti gambar atau image property
  • Nantinya akan muncul judul text gambar dan alternative/alt textnya
  • Isi judul text dan alt textnya
  • Kemudian klik ok
Misalkan postingan tentang seo blog, maka title textnya diisi dengan "Seo Blog.png" dan alt textnya diisi dengan judul lengkap postingan misalnya "Seo blog dasar bagi pemula.png". Ingat, jangan mengisi atribut title dan alt text dengan tumpukan kata kunci dan jangan lupa, kompres juga gambarnya, setidaknya kurang dari atau sama dengan 10 kb supaya tidak terlalu membebani loading blog.

3. Memakai template yang seonya sudah dioptimalkan

Template yang dimaksud adalah yang akselerasinya tipe laju, link kreditnya bisa dieliminasi (dibeli), tanpa galat atau kesalahan di dalamnya, semua lamannya mampu beradaptasi pada berbagai ukuran skrin atau monitor dan mutakhir jika perlu.

Lazimnya, blog themes yang diperoleh dengan membayar mutunya lebih baik, ditambah lagi adanya sokongan pihak kreator atau modifikatornya berupa arahan dalam menyeting template sesuai keinginan dibandingkan dengan yang didapat secara cuma-cuma.

Bicara masalah template gratis dan pemakaiannya, ada beberapa hal yang perlu diingat sebagai bahan pertimbangan:
  • Mengalami kesulitan menyetingnya sesuai selera
  • Punya masalah bug tapi tidak ada yang perduli
  • Blog dan akun GA bisa saja dibanned Google
  • Lebih boros uang dibanding membeli lisensinya
Coba perhatikan kolom komentar blog yang membagikan free template khususnya pada laman yang berisi deskripsi dan link downloadnya, kebanyakan pertanyaannya "bagaimana cara...?" dan inilah masalah yang sering didapat para pengguna template gratisan, kesulitan menyeting sesuai selera.

Problem lainnya yaitu masalah bug. Biasanya template gratisan tidak digarap dengan sepenuh hati atau kurang mendapat perhatian serius sehingga ada kemungkinan koding yang error di dalamnya.

Blog dan akun bisa dibanned? Tu..tunggu dulu sob..apa iya? Ini bisa saja terjadi, kalau sampai pesaing tahu kalian menggunakan template versi gratisan lantas dianya melapor ke Google bisa-bisa situs kena banned dan mungkin saja beserta akunnya. Tapi intinya, tetap jaga sportivitas dalam bersaing ok:)

Masalah boros uang, walaupun katanya gratis, download templatekan juga pake uang dalam bentuk kuota internet, menyetingnya sesuai keinginan juga pakai kuota. Kalau terlalu berlama-lama mengurus settingan dan tampilan bisa jadi template yang katanya gratisan memakan biaya yang lebih besar ketimbang membeli versi premiumnya.

Opsi terbaik, belilah template aslinya dan original version dari pembuatnya. Jangan yang bajakan atau imitasi. Karena selain bisa mempertajam seo blog, dengan menghargai hasil karya orang lain, itu berarti secara tidak langsung kita menghargai diri kita sendiri. Tapi kalau bisa membuatnya sendiri itu bagus, paling tidak akan memangkas biaya tambahan.

4. Menautkan internal dan eksternal links

Menautkan internal link dalam artikel akan membantu pelawat menjelajahi contents blog yang lainnya. Tautkan beberapa links yang memang dirasa perlu, khususnya pada contents yang memiliki keterkaitan satu sama lain atau yang membahas tajuk serupa.

Eksternal links akan merujuk pada situs lain yang artikelnya dijadikan sebagai landasan teori dalam tulisan kita. Selain itu, juga membuat blog tidak nampak seperti blog mati yang tuna mitra. Gunakan seperlunya dan seefisien mungkin. Tapi kalau memang dirasa tidak perlu jangan diterapkan.

5.  Web yang dikelola menyandang domain sendiri

Blog yang menyandang domain sendiri mendapat penilaian lebih dari Google, karena dengan digunakannya domain (TLD), selain menunjukkan keseriusan juga memberi kesan meyakinkan. Inilah mengapa banyak blogger kemudian beralih memakai Top Level Domain yang didapat dengan menyewanya dari penyedia layanan custom-domain.

Bukannya fiktif belaka, transformasi sub-domain memang berperngaruh terhadap seo blog. Kalau hanya sekedar membuat nama blog nampak atraktif dan lain sebagainya, itu hanya manfaat sampingannya saja.

6. Mengisi meta description blog di dash-board

Bermula dari pengalaman sebelumnya, kosongnya meta deskripsi blog drastis menurunkan nilai seo blog. Nampak sepele, namun begitu berarti. Mengisinya bagaimana?
  • Masuk ke dash-board blog
  • Pilih settings
  • Di sana akan ada title  dan description
  • Isikan title dengan judul blog kalian
  • Isi deskripsi dengan gambaran singkat tentang tajuk apa saja yang dibahas di dalamnya
  • Kemudian simpan setelan
7. Melengkapi blog dengan perkakas yang diperlukan

Perkaskas di sini berupa dipetakannya isi situs, persyaratan atau ketentuan layanan atau penggunaan situs, informasi tentang blog dan pengelolanya, serta laman kontak dan lain sebagainya untuk memfasilitasi keperluan pengguna layanan.

8. Permak atau rubah permanen-linkmu secara manual

Mengasah seo blog dengan jalan seperti ini akan membuat stabilitas alamat postingan menjadi lebih baik dibanding memilih opsi otomatisnya. Begini pernyataan Google terkait perma-link:

"Walaupun URL postingan dapat dibuat secara otomatis, dengan memodifikasi dapat membuat stabilitasnya menjadi lebih baik."

Caranya bagaimana? sederhananya cukup dengan membuat post title yang pendek atau sekitar 6-7 atau 9-10 kata plus sudah menyertakan kata atau frase kunci di dalamnya. Misalkan saja, judul post artikel ini kan "Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca"

Jumlah kata dalam judul 10 kata, anggap saja frase kuncinya "Tips Seo Blog". Inilah cara sederhananya kalau tidak mau repot-repot memermak permalink. Cara lainnya juga cukup mudah:
  • Sebelum artikel dipublish, lihat post settings di sidebar kanan
  • Di sana akan ada label, jadwal, tautan permanen, lokasi, deskripsi penelusuran dan pilihan
  • Klik tautan permanen (gambar rantai)
  • Akan ada opsi tautan permanen otomatis dan yang khusus
  • Klik tautan permanen khusus
  • Tunggu hingga URLnya selesai dihitung
  • Rubah alamat URLmu
  • Kalian hanya dapat merubah URL yang diakhir tahun dan tanggal saja
  • Klik selesai atau done kalau sudah
9. Menggunakan media atau jejaring sosial (sosmed)

Titik berat penilaian Google juga terpusat pada seberapa berkualitas contents yang ditulis serta keautentikannya. Dengan dibagikannya artikel apalagi dalam skala besar di jejaring sosial, menandakan bahwa apa yang telah dipublish bernilai sangat baik dari sudut pandang pembaca.

Benefit lainnya, tingkat kepercayaan mesin jelajah makin menanjak terhadap relevansi warta yang disajikan.

10. Membangun atau ikut berasosiasi dalam forum

Membangun ataupun berasosiasi atau berserikat dalam suatu forum blog akan sangat menguntungkan, baik pihak yang memiliki forum dan juga para anggota yang ikutan gabung di dalamnya.

Para anggota misalnya, mereka berpeluang mendapat pengalaman dan pengetahuan baru atau bahkan pemecahan terhadap masalah yang sedang dihadapi melalui artikel yang dipublikasikan serta berpotensi mendatangkan lawatan dari anggota lainnya.

Tuan rumah juga mendapat keuntungan dengan cara ini, terlebih sebagai basis atau penyedia forum.

11. Menulis artikel di blog lain sebagai guest blogger

Menulis atau mengirim artikel ke blogger lainnya akan sangat membantu seo blog. Bagaimana tidak, blogger yang meluangkan waktunya menjadi penulis tamu akan mendapatkan reward berupa back link dari pemilik blog.

12. Melakukan lawatan atau visitasi ke blog lainnya

Barter opini dan berinteraksi dengan blogger lainnya merupakan keperluan mendasar dibidang ini, dan ditafsirkan dapat memperkuat seo blog. Asalkan tidak nyeleneh dalam beropini. Mengapa demikian? karena hal ini juga dapat memberi peluang pada sebuah blog mendapatkan lawatan atau kunjungan dari blogger lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa dalam bertukar opini, beropinilah "secantik mungkin" pada box komentar yang tersedia. Agar nantinya, selain tuan rumah berkenan menyetujui komentar kalian melalui list moderasi, pelawat lainnya juga tertarik mengunjungi blog kalian.

Yang dimaksud "secantik mungkin" yaitu, komunikasi yang singkron atau serasi dengan tajuk yang diulas baik itu berupa saran, tanggapan ataupun kritik yang sifatnya membangun atau hal lainnya yang dapat menambahkan pengalaman pengguna.

Harus diingat, jangan menautkan link apapun di dalamnya sebab mayoritas para para blogger tidak menyukainya. Tapi sebagian kecil dari mereka masih mentolerir tautan link, asal saja komentar masih singkron dengan tajuk pembahasan. Jadi tinggal menyesuaikan diri saja.

Namun pada dasarnya, saya tidak menyarankan tindakan semacam itu (menaut link) dilakukan, karena hanya akan terkesan atau memberi image publisitas diri semata bukannya natural interest.

Google dalam hal ini juga nampak makin serius memerangi komentar spam, ini terbukti dengan diaktifkannya kode anti spam secara otomatis dan mengkonfirmasinya langsung melalui dash-board blogger.

Begini katanya, "Kami telah mengaktifkan deteksi spam otomatis untuk komentar. Sebaiknya Anda sesekali memeriksa komentar di kotak masuk spam".

Ups hampir lupa, karena semua komentar itu adalah back-links walaupun katanya sudah bukan zamannya lagi, lakukan secantik dan sesering mungkin tanpa mengotori blog yang dikunjungi.

Lebih rancak lagi kalau blog tempat beropini, selain beropini sesuai topik, blog yang dikunjungi tersebut juga mengusung tema atau niche yang sama dengan blog kalian dan jika memungkinkan, blog tersebut memiliki popularitas tinggi agar back-link yang nantinya didapat juga berkualitas.

Kesimpulan
  • Seo blog pada dasarnya tentang 7K yaitu kualitas, kreativitas, keseriusan, kelengkapan, ketelitian, kecepatan dan keaktifan;
  • Kualitas menyangkut masalah content, kreativitas gambar, keseriusan dengan custom domain dan versi template yang dipilih, kelengkapan informasi dan layanan situs, ketelitian dalam praktek seo, kecepatan loading blog, keaktifan sebagai guest blogger, bersosial media dan dalam blog forum.
Apa artikel ini membantu? suarakan opinimu di sesi komentar ya..:)


Demikianlah Artikel Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca

Sekianlah artikel Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Masih Newbie? 12 Tips Seo Blog Dasar Ini Wajib Dibaca dengan alamat link http://kangjaprablog.blogspot.com/2016/08/masih-newbie-12-tips-seo-blog-dasar-ini.html
Load disqus comments

0 comments